Cara Mengatur Sensitif Layar Android

Konten [Tampil]

Cara Mengatur Sensitif Layar Android - Smartphone saat ini dibekali dengan touchscreen dimana ini mengharuskan pengguna untuk menjaga kesensitifitasannya. Jika terjadi goresan atau bahan pernah terjatuh, bukan tidak mungkin touchscreen akan terjadi kendala. Memperbaiki layar smartphone memang membutuhkan biaya yang cukup tinggi tetapi jika Anda mengetahui bagaimana cara mengatur sensitif layar android, cara ini akan sangat membantu untuk mengubah sensitivitas layar.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan terutama jika ingin cara mudahnya maka pilihan untuk menggunakan aplikasi bisa jadi pilihan utama. Tetapi jika Anda bisa mengaturnya melalui pengaturan handphone itu sendiri akan lebih baik. Aplikasi penambah sensitif layar bisa Anda unduh melalui google playstore secara gratis.


5 Cara Mengatur Sensitif Layar Android

Cara Mengatur Sensitif Layar Android
sumber gambar : semutimut.com

1. Bersihkan Layar Smartphone

Layar yang kurang sensitif bisa jadi karena touchscreen kotor atau terkena air. Bisa juga karena terlalu sering digunakan atau berminyak. Cara pertama untuk mengembalikan sensitif layar android adalah dengan membersihkannya menggunakan kapas atau kain lembut. usapkan secara perlahan dari tengah hingga pinggir. Layar android yang kotor ataupun berminyak bisa mengurangi sensitivitas layar terhadap sentuhan jari.

Baca Juga: Cara Hard Reset Vivo dengan Mudah


2. Mengganti Pelindung Layar

Cara mengatur sensitif layar android selain dari pengaturan ternyata juga bisa dari pelindung layar. Penggunaan screen protector atau pelindung layar yang tidak kompatible merupakan penyebab mengapa touchscreen tidak maksimal saat digunakan. Anda bisa mengatasinya dengan mengganti pelindung layar dengan yang berukuran lebih tipis. Berikutnya, Anda bisa mengubah pengaturan Jika skala animasi terlalu tinggi maka sensitivitas layar bisa berkurang karena respon aplikasi yang dijalankan juga sensivitas sentuhan atau touch sensitivity dengan menu pengaturan di android Anda. Apabila belum maksimal, lepas pelindung kaca dari layar tersebut.


3. Kalibrasi Ulang

Metode atau cara berikutnya adalah dengan kalibrasi ulang. Metode ini bisa digunakan untuk meningkatkan sensitivitas layar melalui menu pengaturan. Atur sensitivitas layar dengan mengembalikannya ke bawaan pabrikan atau secara default. Jika masih tidak bisa, unduh aplikasi touchscreen fixer di google playstore. Setelah berhasil terinstall, Anda bisa membuka aplikasinya dan ketuk menu atau tombol mulai, ikuti petunjuk kalibrasi yang ada di dalam aplikasi tersebut. Pengguna juga bisa mengetahui nilai respon sentuhan terhadap layar.

Baca JugaCara Menghilangkan Garis Warna Warni pada LCD Hp


4. Kurangi Skala Animasi Layar

Mengurangi skala animasi layar adalah cara mengatur sensitif layar android yang cukup ampuh. Transition animation scale ini adalah pengaturan di android untuk mengatur lamanya respon layar sentuh ketika Anda gunakan. Jika skala animasi terlalu tinggi, sensitivitas layar nantinya bisa berkurang. Hal ini karena respon aplikasi yang dijalankan juga semakin lambat. Pilih menu settings, ketuk tentang perangkat, pilih opsi nomor bentukan dan ketuk hingga 5x sampai muncul pengembang telah aktif. Buka opsi pengembang, dan cari beberapa menu seperti windows animation scale, transition animation scale serta animator duration scale. Turunkan nilainya 5x agar respon pada aplikasi yang dibuka semakin cepat.


5. Mengatur Pointer Speed

Mengatur pointer speed juga jadi opsi tepat untuk mengatur sensitif layar android. Buka menu pengaturan, pilih bahasa dan masukan kemudian cari pointer speed. Anda bisa ketuk opsi dan geser slider poin penuh. Tes sensitif touchscreen Android apakah sudah cepat atau masih terasa lambat.

Baca JugaCara Screenshot Samsung J2 Prime dengan 3 Jari


Penutup

Ikuti beberapa cara mengatur sensitif layar android ini sampai touchscreen Anda kembali normal. Jika cara pertama terasa belum maksimal maka ikuti cara ke dua, tiga dan lainnya. Pastikan bahwa layar Android anda sudah dibersihkan dari kotoran, percikan air atau minyak yang mungkin menempel. Gunakan kain yang lembut dan secara berhati-hati saat membersihkannya agar tidak menggores layar android. Ketika menyimpan smartphone, hindarkan dari tekanan dan permukaan yang kasar.

Demikian artikel Cara Mengatur Sensitif Layar Android, semoga bermanfaat !

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatur Sensitif Layar Android"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan Bijak !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel