Tutorial Membuat Login dengan Menggunakan Codeigniter

Konten [Tampil]

Tutorial Membuat Login dengan Menggunakan Codeigniter – Melakukan pemrograman pada web nyatanya menyangkut banyak hal. Salah satu adalah penggunaan aplikasi open source seperti codeigniter, yang tentunya akan memudahkan Anda dalam membuat sebuah aplikasi yang berbasis web tanpa harus membuatnya dari awal. Dan jika Anda tertarik untuk mencobanya.

Tutorial Membuat Login dengan Menggunakan Codeigniter
source image zend.com


Tutorial Membuat Login dengan Menggunakan Codeigniter

Berikut ini adalah tutorial untuk membuat login dengan menggunakan aplikasi tersebut.


1. Menyiapkan Table Admin

Langkah pertama untuk membuat login dengan menggunakan codeigniter, maka Anda harus menyiapkan table admin terlebih dahulu. Siapkan juga username beserta passwordnya untuk diletakkan pada table tersebut. Untuk mempermudah, Anda bisa memulai dengan membuat database dengan menggunakan ‘malasngoding’. Selanjutnya, buat table dengan nama admin, di mana Anda akan diminta mengisi ID, Username serta Passwordnya.

Baca JugaMengenal Apa Itu Internet Marketing ?


2. Mengaktifkan Library Database, Library Session, Helper url dan Setting Encryption Key

Langkah selanjutnya adalah dengan mengaktifkan library database dan library session pada file autoload codeigniter. Adapun tujuan mengaktifkan library database agar Anda bisa menggunakan semua fungsi database yang tentunya telah disediakan oleh codeigniter.

Sementara fungsi dari mengaktifkan library session adalah agar bisa melakukan deteksi apakah admin atau user sudah melakukan proses login atau belum. Jika admin belum login maka kita tidak akan bisa mengakses halaman admin. Selanjutnya, isi database di autoload library serta mengaktifkan helper url.

Proses membuat login dengan menggunakan codeigniter masih panjang. Di mana setelah langkah-langkah di atas, selanjutnya Anda harus mengisi ecryption key session. Buka di application/config/config.php.


3. Menghubungkan Codeigniter dengan MySQL

Sebelum menghubungkan codeigniter dengan mysql, sebaiknya Anda sudah berhasil menghubungkan codeigniter dengan database terlebih dahulu.


4. Membuat Form Login dengan Codeigniter

Berikutnya, perhatikan dengan baik langkah-langkah yang harus Anda lakukan berikut ini. Di mana Anda akan membuat sebuah controller, yang akan digunakan untuk menampilkan form untuk login dan logout. Serta agar bisa melakukan verifikasi atau authentikasi pada username dan password admin.


Untuk langkah berikutnya dalam membuat login dengan menggunakan codeigniter, Anda harus membuat model m_login pada fungsi construct. Caranya, pada fungsi index Anda membuat view atau melakukan load dengan nama v_login. Pada file tersebutlah Anda akan membuat form login serta membuat view baru dengan nama v_login.php.

Pada form login, Anda akan mengarahkan untuk aksi login ke aksi_login pada controller login. Pada tahap ini, Anda akan mendapatkan data username serta password yang harus Anda masukkan ke dalam Array. Kemudian Anda kirim kembali ke model m_login. Di sini Anda bisa mengecek kembali ketersediaan username serta passwordnya dalam bentuk m_login.

Anda juga akan menemukan fungsi num_rows() yang berguna untuk menghitung banyaknya jumlah record. Buat juga sebuah model dengan menggunakan nama m_login php. Dan yang terakhir, apabila username maupun password sudah ditemukan dan benar, selanjutnya Anda harus membuat session nama yang berisi usernama tadi dan pada session status telah berisi login.

Untuk selanjutnya dialihkan pada controller admin, namun jika username dan password tidak ditemukan, artinya Anda telah melakukan kesalahan. Biasanya pada halaman akan muncul pesan “username dan password salah.”

Proses membuat login dengan menggunakan codeigniter masih terus berlanjut, di mana bila kesalahan sudah ditemukan maka Anda sebaiknya kembali membuat sebuah controller baru dengan nama admin.php, pada application/controller/admin.php dan mengulang kembali proses session yang telah disebutkan di atas.

Berikutnya untuk membuat halaman admin, maka perhatikan pada fungsi index yang terdapat pada controller admin_php. Buat view baru lagi dengan menggunakan nama v_admin.php. Kemudian langkah selanjutnya Anda akan diajak untuk membuat tombol logout. Di mana bila tombol atau link tersebut di klik maka akan dialihkan pada fungsi logout di controller login. Dan ini tentunya berguna untuk menghapus semua session.

Baca JugaRekomendasi Situs Download Source Code Aplikasi / Website Gratis


Penutup

Itulah tutorial membuat login dengan menggunakan codeigniter. Anda bisa melakukan uji coba semisal dengan menggunakan username serta password yang salah. Kemudian setelah peringatan muncul, Anda bisa kembali memasukkan username dan password yang benar. Selamat mencoba!

Belum ada Komentar untuk "Tutorial Membuat Login dengan Menggunakan Codeigniter"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan Bijak !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel