Kura-Kura Berkerabat Dekat Dengan Burung, Bukan dengan Reptil ataupun Ular [Studi Genetika Membuktikan]

Konten [Tampil]
Kura-Kura Berkerabat Dekat Dengan Burung, Bukan dengan Reptil ataupun Ular [Studi Genetika Membuktikan]

Kura-Kura Berkerabat Dekat Dengan Burung, Bukan dengan Reptil ataupun Ular [Studi Genetika Membuktikan] - Berdasarkan studi paleontologi dan morfologi, kura-kura memang ditempatkan sebagai hasil evolusi dari nenek moyang reptil atau nenek moyang ular.

Tetapi tahukah Kamu kalau ternyata secara genetika kura-kura lebih dekat dengan burung? Kok bisa ya? Hal tersebut seperti diungkapkan oleh tim peneliti dari Boston University yang dalam publikasinya mengkonfirmasi bahwa kura-kura lebih dekat dengan keluarga burung dan buaya daripada dengan keluarga reptil, kadal maupun ular.

Dengan menggunakan teknik analisis komputer pada skala genom, para peneliti dari Boston University yang dipimpin oleh Nick Crawford berhasil mendapatkan data pohon filogenetik yang ternyata menempatkan kura-kura lebih berkerabat dekat dengan buaya dan burung (archosaurs). Hal tersebut sekaligus membantah hasil studi sebelumnya yang dilakukan dengan membandingkan pada tingkat morfologi dengan menempatkan kura-kura berkerabat dekat dengan keluarga kadal, ular dan tuatara (kadal asal New Zealand) (lepidosaurs).

Cukup mengejutkan juga ya kalau ternyata hewan yang kita kenal sebagai si pejalan lambat berkerabat dekat dengan keluarga burung, si penguasa angkasa.

Belum ada Komentar untuk "Kura-Kura Berkerabat Dekat Dengan Burung, Bukan dengan Reptil ataupun Ular [Studi Genetika Membuktikan]"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan Bijak !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel